Jumat, 25 Januari 2013

Penjelasan Swag AKB48 Untuk Pemula


1. Perbedaan “single” dan “album” AKB48

Kadang kala orang suka salah mengartikan “single” dan “album” padahal konten isi, barang, dan tipe-nya saja berbeda. Namun, hal ini patut dimaklumi karena di tanah air kita belum ada sistem perilisan “single” seperti di negeri seberang.
Apabila AKB48 merilis single atau album, itu artinya beberapa member perwakilan dari sister group mereka akan muncul juga di dalam situ. Seperti Melody (JKT48) di dalam lagu “New Ship” di Single “Give Me Five” type A, dan Matsui Jurina & Matsui Rena yang sering mewakili SKE48dalam hampir setiap single AKB48.

Single

Yang disebut “single” adalah lagu baru yang dirilis bersama dengan PV (promotion video) atau MV (music video). Lalu lagu single yang dirilis itu akan disertai juga dengan lagu pengantar dalam single (biasa disebut dengan side B) dan bonus dari masing-masing type. Bingung? Gini, saya kasih contoh “AKB48 Merilis Single Gingham Check“, single ini nantinya akan memiliki beberapa type A dan type B, dan tipe yang hanya bisa dibeli di Jepang adalah Theater Edition.
Isi dari single Type A:

Type A

DISC 1 (CD)
No.TitleArtist(s)Length
1."Gingham Check" (ギンガムチェック) 05:27
2."Yume no Kawa" (夢の河)Maeda Atsuko, Minami Takahashi, Tomomi Itano, Yūko Ōshima, Haruna Kojima, Mariko Shinoda, Yuki Kashiwagi, Mayu Watanabe, Minami Minegishi, Jurina Matsui04:35
3."Doremifa Onchi" (ドレミファ音痴)Next Girls04:36
4."Gingham Check off vocal ver." (ギンガムチェック off vocal ver.) 05:27
5."Yume no Kawa off vocal ver." (夢の河 off vocal ver.) 04:35
6."Doremifa Onchi off vocal ver." (ドレミファ音痴 off vocal ver.) 04:36
DISC 2 (DVD)
No.Title
1."Gingham Check Music Video" (ギンガムチェック Music Video) 
2."Yume no Kawa Music Video" (夢の河 Music Video) 
3."Doremifa Onchi Music Video" (ドレミファ音痴 Music Video) 
4."27th Single Senbatsu General Election Documentary" (27thシングル選抜総選挙ドキュメント)
sekarang kita lihat isi dari Type B:

Type B

DISC 1 (CD)
No.TitleArtist(s)Length
1."Gingham Check" (ギンガムチェック) 05:27
2."Nante Bohemian" (なんてボヘミアン)Under Girls03:40
3."Show fight!" (Show fight!)Future Girls03:49
4."Gingham Check off vocal ver." (ギンガムチェック off vocal ver.) 05:27
5."Nante Bohemian off vocal ver." (なんてボヘミアン off vocal ver.) 03:40
6."Show fight! off vocal ver." (Show fight! off vocal ver.) 03:49
DISC 2 (DVD)
No.TitleLength
1."Gingham Check Music Video" (ギンガムチェック Music Video) 
2."Nante Bohemian Music Video" (なんてボヘミアン Music Video) 
3."Show fight! Music Video" (Show fight! Music Video) 
4."AKB48 Group Members 『Self Taken Picture Courses』" (AKB48 グループメンバーによる『自撮り講座・釣り講座』) 
5."AKB48 Group Members 『Self Taken Picture Gallery』" (AKB48 グループメンバーによる『自撮り釣り写真ギャラリー』)
Judul lagu yang saya garis bawahi adalah lagu utama dari single tersebut, lagu baru yang memang dirilis, makanya dinamakan “Single” bukan album. Judul lagu yang tidak saya apa-apakan, dinamakan “Side B“, karena ada di kedua type. Judul lagu yang saya warnai dimanakan “bonus type” karena hanya bisa kamu dapatkan di type itu saja.

Album

Lalu kita beralih ke “album”. Album adalah kumpulan dari lagu-lagu AKB seperti biasa kita membeli album penyanyi/band lokal di tanah air. Tidak ada “off vocal”, semua full song. Biasanya AKB48 merilis satu Album dalam satu tahun. Dan kalau AKB merilis album, biasanya isinya adalah:
- 1 atau 2 CD berisi lagu-lagu populer mereka sepanjang tahun dari single-single yang mereka rilis, ataupun lagu-lagu theater mereka. Kadang ada juga tambahan lagu-lagu baru yang mereka gunakan dalam CM (campaign = iklan tv) dan,
- 1 DVD berisi “dance footage” alias tutorial untuk tarian mereka dalam single-single yang dimasukan dalam album tersebut. (Misalnya cara menari “Heavy Rotation”)
Harga:
- Single : (type A / B ) 1,600 Yen dan (Theater Edition) 1,000 Yen
- Album : 3,000 Yen (bisa berubah, tergantung edisinya)

2. “Regular, Limited, dan Theater edition” & “Single Voting,  Senbatsu, dan Janken”

Regular berbeda dengan Limited edition. Untuk single-single tertentu AKB48 biasanya merilis single mereka dalam 3 jenis edisi: Regular, Limited, dan Theater. Lalu, dalam satu tahun, AKB48 akan merilis beberapa jenis single.

Regular, Limited, dan Theater

“Regular” edition adalah single biasa, dengan bonus random foto di dalam kotak CD-nya. Random bagaikan membeli Cheetoz dengan bonus Tazoz di dalamnya.
Sementara “Limited”, seperti namanya, dicetak dalam jumlah terbatas, dengan gambar cover berbeda dengan single reguler, dan bonus tiket handshake dengan Member AKB48. Makanya single Limited paling cepat habis dalam beberapa menit pembukaan pre-order.
“Theater” Edition dalam sebuah single, hanya berupa CD saja. Tidak ada DVD. Tapi, apabila kamu membeli single Theater, kamu bisa memilih satu foto dari special set foto yang tersedia. Harganya pun lebih murah. Tapi edisi theater ini hanya bisa dibeli di Jepang saja.

Single Voting, Senbatsu, dan Janken

- Single Voting: Single yang menyertakan “serial number” untuk memilih member favorit kita di “Senbatsu Sousenkyou” yang diadakan setiap tahun. Member dengan urutan 1-16 vote terbanyak, dinamakan “Member Senbatsu”, yang akan mewakili seluruh anggota AKB yang begitu banyak di single selanjunya yang disebut dengan “Single Senbatsu”.
- Single Senbatsu: Member yang ada dalam lagu tersebut dipilih berdasarkan voting terbanyak saat “Senbatsu Sousenkyou” yang diadakan setiap tahun sekali.
- Single Janken: Member yang ada dalam lagu tersebut adalah member-member yang menang dalam “Janken Tournament” yang diadakan setiap tahun sekali. Dan biasanya setelah event “Senbatsu Sousenkyou”

3. Photoset Theater, Trading Card, Bonus Single Theater, dan Random Bonus

Photoset Theater : adalah koleksi foto paling mahal diantara semua koleksi foto yang ada (terutama untuk foto member Senbatsu), dan setiap bulan pasti ada edisi photosetnya sendiri. Untuk memudahkan, yang dinamakan photoset theater adalah yang seperti ini:
Photoset ini susah didapat, karena ini merupakan foto-foto random dalam Photopack yang hanya bisa dibeli di teater AKB48 di Jepang, di tanggal tertentu, dan satu orang hanya bisa membeli maksimal 5 Photopack saja. Dan dalam Photopack tersebut belum tentu kita dapat susunan yang pas seperti contoh di atas, karena dicampur dengan foto member lain. Kebanyakan orang mendapatkannya dengan mengikuti lelang di “Yahoo! Auction” Japan atau yang biasa disebut dengan “meng-oksen“. Harga untuk member Senbatsu kadang bisa mencapai 600,000,- lebih bila dirupiahkan. Karena foto mereka yang paling banyak diburu.
Namun pengecualian untuk sister grup AKB48, SKE48 misalnya, mereka menjual photoset member secara online dan dengan harga yang sama dan terjangkau untuk setiap membernya, baik yang sudah masuk jajaran Senbatsu sekalipun.
Harga:
- AKB48 (via Auction): 3,500 Yen ++ untuk member Senbatsu, dan 100 Yen ++ untuk member kenkyuusei dan kawan-kawan.
- SKE48 (via SKE48 online shop) : 1,000 Yen
Trading Card : saya masih kurang yakin soal yang satu ini. Karena hanya pernah sekali mengoleksi. Trading Card itu ukurannya kecil, berupa foto member saat sedang perform dan lain sebagainya. Ukurannya sebesar kartu ATM, sehingga bisa kita letakan di dalam dompet.
Bonus Single Theater : Bonus foto yang bisa kita pilih saat membeli single Theater edition. Seperti yang sudah saya terangkan di atas mengenai Theater Edition yang bisa memilih foto dari spesial set. Contoh Bonus Single Theater dari single “Give Me Five“:
Bonus Random dalam Single & Bonus Online Shop : Bonus Random adalah foto yang ada dalam regular edition di setiap single. Ingat Cheetoz dan Tazoz~ Di bawah ini adalah contoh bonus random dari single “Manatsu no Sounds Good” dan bonus online shop tempat kita memesan single tersebut (biasanya setiap toko memiliki bonus foto yang berbeda-beda):

4. Photobook (PB)


Photobook itu ada dua jenis. Ada yang ramai-ramai dengan member AKB48 yang lain, ada juga yang solo works alias cuma khusus member itu saja. Isinya kebanyakan adalah foto-foto member tersebut, seperti namanya “Photobook”. Tapi ada pula yang berisi wawancara, dan pengenalan tentang pribadi member itu lebih dalam di dalam PB itu. Seperti contohnya dalam PB debut Takamina yang berisi wawancara dirinya dengan Aki-p, serta wawancara tentang kedekatannya dengan beberapa member terutama Acchan.
Sejauh ini member AKB48 & SKE48 yang sudah memiliki Photobook sendiri antara lain:
- Maeda Atsuko
- Takahashi Minami
- Oshima Yuko
- Kojima Haruna
- Sashihara Rino
dan Photobook yang beramai-ramai dengan member AKB48 & SKE48 lainnya, antara lain:
- Yu Satsu Blue Album
- Yu Satsu Red Album
- AKB48 Twenty-four Hours (Megane Photobook)
- SKE48 Houkago Nijigen Dokokai (Cosplay Photobook)
Harga photobook itu bervariasi. Tapi rata-rata harganya berkisar dari 1,000 Yen hingga 3,000 Yen. Untuk edisi lama harganya masih dibawah 300,000,- Rupiah, tapi untuk terbitan 2012 harganya sudah mencapai 300,000,- Rupiah lebih apabila kita menggunakan jasa perantara.

5. Online Shop dan Jasa Perantara

Sampailah kita pada topik terakhir, yaitu tentang Online Shop, dan jasa-jasa perantara. Karena di negeri kita ini tidak termasuk dalam wilayah peng-ekspor-an swags AKB, maka para fans biasanya membeli melalui internet. Online shop yang sering digunakan biasanya adalah:
  • HMV Japan
  • Amazon.co.jp
  • CDJapan
  • YesAsia
Untuk pembelian di toko-toko online tersebut, kita perlu memiliki kartu kredit untuk membayar barang belanjaan kita, dan ongkos pengiriman sampai ke rumah kita. Kadang kala, apabila kita membeli terlalu banyak pun bisa-bisa kita harus membayar pajak lebih untuk barang tersebut. Karena itulah dibutuhkan jasa perantara. Dan dengan Jasa Perantara, artinya harga menjadi sedikit lebih mahal untuk membayar Jasa tersebut.
Jasa perantara biasanya sudah memiliki kurs kusus untuk tiap item tertentu. Memilih jasa perantara pun tidak bisa sembarangan, karena kalau tidak profesional barang kita bisa rusak, dan bahkan hilang ditengah pengiriman.
Jasa-jasa perantara yang sudah terkenal di negeri kita salah satunya adalah “Dokidoki Station“, dan Dokidoki Station juga menerapkan kurs Yen khusus untuk setiap jenis barang yang kita pesan.

0 komentar:

Posting Komentar